Jurus dan Teknik Negosiasi Yang Ampuh

Teknik Negosiasi itu sangat diperlukan sekali dalam berbagai hal, namun tidak banyak juga orang yang lihai dalam ber-negosiasi padahal negosiasi itu sangat penting dan sangat dibutuhkan disetiap waktu. Secara sedernaha Arti atau definisi dari Negosiasi adalah nego sendiri berawal dari kata negosi yang artinya perdagangan atau perniagaan. jadi secara keseluruhan nogosiasi itu adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding untuk memberi dan menerima guna mencapai kesepakatan antara satu pihak dengan pihak yang lain. Apakah setiap orang perlu negosiasi??? saya rasa semuanya perlu akan negosiasi dan tanpa sadar kita sering melakukan nogosiasi ini. Bagaimana cara negosiasi yang baik??? cara negosiasi yang sering saya lakukan ketika berunding dalam persidangan di kampus adalah seperti dibawah ini:


Saya akan memperhatikan dan mempersiapkan dulu hal-hal yang perlu sebelum melakukan perundingan atau nogosiasi tersebut dan hal yang saya lakukan adalah:
1. Memikirkan manfaat bagi kedua pihak supaya tidak ada yang di rugikan.
2. memikirkan dulu alternatif-alternatif apa yang harus dilakukan.
3. Menyusun alternatif secara berjenjang atas pertimbangan untung dan rugi

Kata-kata yang harus disampaikan dalam bernegosiasi juga perlu dipikirkan agar tidak menyinggung dan jangan sampai apa yang kita katakan itu dimaknai dengan kepentingan individu walalupun pada aslinya itu adalah kepentingan individu atau golongan dan istilah yang baik kita ucapkan adalah:
1. jika menolak lebih baik dengan pernyataan "kurang setuju" dari pada "tidak setuju" atau "kurang sependapat" dari pada "tidak sependapat"
2. Penggunaan kata "kita" lebih baik dari pada kata "saya" atau kata "kami"

Nah itu sedikit tips dari saya apabila ada yang ingin mengurangi atau menambahkan silahkan di komentari...kalau ga mau ya ga apa...
 
© Copyright Blognya Noval Mbojo - Imnoval.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Catatan Mahasiswa Drop Out | Published by Premium Wordpress Themes
Jurus dan Teknik Negosiasi Yang Ampuh - Blognya Noval Mbojo - Imnoval.com