Melindungi Wordpress dari Hacking

Sebelumnya saya minta maaf mungkin tips ini udah banyak di tulis oleh para master namun saya hanya mencoba untuk mengulangi dan mengingatkan kembali kepada sesama blogger...saat siang tadi saya iseng-iseng baca koran info IT milik teman dan ketika membuka suatu halaman saya tertarik untuk membacanya lebih seksama dan teliti Judulnya Seperti ini Tips Menghindari Hacking Pada WordPess sebenarnya mungkin kurang pantas kalau saya memposting artikel ini karena saya sendiri baru juga belajar wordpress namun karena saya ingin berbagi maka saya mencoba untuk mempstingnya....(weleh keakehan ngoceh iki) oke kita kembali ke masalah pokok...Bagi seorang Webmaster mungkin akan merasa sangat kwatir kalau di hack apalagi kalau blog/websitenya udah sangat terkenal dan tersohor atau lebih lazim di sebut sebagai artis blog lah nah tentu saja dia akan mencari cara bagaimana supaya blognya/web tidak di hack oleh orang lain walaupun akhirnya di hack juga namun setidaknya kita sudah berusaha untuk menjaga semua itu. Nah kalau anda belum tahu untuk menjaganya mari kita coba tips-tips berikut ini...
1. Amankan database anda.
paa pemakai mesin wordpress/website pasti udah akrab yang namanya database ini nah mungkin anda bisa untuk sering-sering membackup database anda dengan backup yang sudah tersedia di hosting anda. Na tentu saja dengan membackup data base ini anda akan mempunyai cadangan lagi. untuk plugin membackup database ini bisa anda lihat disini http://wordpress.org/extend/plugins/wp-db-backup/
2. Scan Wordpress
Setelah memiliki Plugin backup database sekarang coba kita lakukan scan untuk memastikan apakah instalasi wordpress kita tidak di jumpai celah pada sisi keamanannya. untuk pluginnya bisa anda lihat disini http://wordpress.org/extend/plugins/wp-security-scan/
3. Tangkap Penyusup.
Penyusup disini berarti kombinasi angka, huruf dan lain-lainnya yang berusaha untuk mencoba menemukan pass anda. Nah langkahnya adalah gunakanlah pass yang benar-benar kuat yaitu kombinasi huruf, angka dan lainnya... Namun terkadang cara ini juga masih bisa di tembus anda bisa menggunakan cara ini juga yaitu mencegah akses langsung ke directori Wp-Content atau Wp-Include.
4. Cermati Plugin Anda
memang Plugin memberikan kemudahan bagi kita untuk menggunakan dan mengelola sebuah blog namun tentu saja tidak semua plugin itu bagus jadi intinya anda harus teliti dan cermat dalam memilih plugin ini apalagi dari sebuah web yang meyediakan plugin namun webnya ga jelas jadi gunakannlah plugin dari web/blog yang meyediakan khusus masalah plugin ini karena siapa tahu ada plugin sebagai mata-mata.
5. sembunyikan Versi Wordpress anda.
Kenapa hal ini kita lakukan??? karena apabila seseorang itu sudah tahu bug atau cara menembus WP versi tertentu maka tentu saja dia akan dengan mudah untuk menembus versi yang sama.
Demikian lah sharing-sharing hasil dari majalah yang saya baca dan semoga bermanfaat.
NB: Saya minta maaf karena majalahnya tidak saya tulis karena saya lupa besok mungkin akan saya update kembali untuk majalahnya karena memang ini bukan tulisan saya dan bukan tips dari saya, namun saya hanya mencoba untuk sharing mungkin masih ada teman-teman yang belum sempat untuk membaca majalah tersebut
 
© Copyright Blognya Noval Mbojo - Imnoval.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Catatan Mahasiswa Drop Out | Published by Premium Wordpress Themes
Melindungi Wordpress dari Hacking - Blognya Noval Mbojo - Imnoval.com