Malware atau attack site kena blogku

Msf3-hashdump
Akhirnya bebas juga deh blog saya yang terindentifikasi sebagai blog malware yang katanya sih berbahaya sekali bagi pengunjung blog yang terkena malware tersebut, dan karena merasa saya tidak pernah memasukkan atau menginstal program malware ya bingung juga sih kenapa tiba-tiba blog tersebut di identifikasi sebagai penyebar malware tersebut dan ternyata setelah melihat halaman save browsing seperti gambar dibawah ini:

siapa yang punya domain ini

Dan saya translate secara bebas dengan menggunakan google translate hasilnya sebagai berikut ini:
Apa yang sekarang daftar status contest.kangnoval.com?
Situs ini saat ini tidak terdaftar sebagai mencurigakan.
Bagian dari situs ini telah terdaftar untuk aktivitas mencurigakan waktu 1 (s) selama 90 hari.

Apa yang terjadi saat Google mengunjungi situs ini?
Dari 9 halaman kami di situs yang diuji selama 90 hari, 2 page (s) mengakibatkan perangkat lunak berbahaya didownload dan diinstal tanpa izin pengguna. Google terakhir kali mengunjungi situs ini adalah pada 2009/08/22, dan terakhir kali mencurigakan konten ditemukan di situs ini adalah pada 2009/08/22.
Perangkat lunak berbahaya di-host pada 2 domain (s), termasuk 247cdn.com /, jbmads.com /.

Situs ini telah di-host di jaringan 1 (s) termasuk AS15169 (GOOGLE).

Apakah situs ini bertindak sebagai perantara yang lebih distribusi malware?
Selama 90 hari, tidak muncul contest.kangnoval.com berfungsi sebagai perantara untuk infeksi situs manapun.

Situs ini telah host malware?
Tidak, situs ini memiliki host tidak berbahaya selama 90 hari.

Langkah selanjutnya:
* Kembali ke halaman sebelumnya.
* Jika Anda pemilik situs ini, Anda dapat meminta review situs Anda menggunakan Google Webmaster Tools. Informasi lebih lanjut tentang proses review yang tersedia di Google Pusat Bantuan Webmaster.

Dari kebingungan saya karena tidak mengerti tentang malware atau semacamnya akhirnya saya coba bertanya kiri kanan kepada orang yang saya anggap tahu mengenai tersebut, dan rata2 orang yang saya tanya menjawab bahwa itu ada sesuatu script yang saya pasang dan masalah tersebut timbul karena javascript yang di pasang memiliki program yang bisa di indentifikasi sebagai program malware tersebut, dan tanpa pikir panjang langsung saja saya cabut Kode javascript yang terakhir saya pasang sehingga menimbulkan hal demikian namun secara pasti saya tidak menuduh kode terakhir yang saya pasang tersebut mungkin juga ada kode lain yang memang mengindikasikan sebagai program malware tersebut.
Malware ini memang berbahaya bagi situs/blog karena bila blog/situs teridentifikasi sebagai penyebar malware maka jangan harap ada pengunjungnya karena di halaman google saja sudah di kasih aba-aba seperti yang tertera di bawah ini:

malware perangkat perusak

Melihat peringatan diatas saya rasa pengunjung tidak mau ambil resiko dan kalau pun masih ambil resiko maka akan muncul lagi banner yang seperti ini:



Kalau anda juga mengalami hal yang sama seperti yang saya alami ada beberapa cara untuk segera meminta google agar segera menghilangkan peringatan tersebut antar lain:
1. segeralah hapus kode-kode yang terakhir anda pasang.
2. masuk kedalam account webmaster tool anda dan klik nama blog yang terkena atau teridentifikasi malware tersebut seperti yang terlihat digambar berikut ini:
setelah klik nama blog tadi maka akan muncul gambar seperti berikut ini dan klik seperti yang di kasih kotak hitam berikut ini:

menghilangkan malware 1

kemudian lanjutkan seperti dua gambar berikut ini:
menghilangkan malware 2

menghilangkan malware

Itu lah langkah-langkah yang saya lakukan dan untuk di ingat bahwa langkah-langkah diatas bukan suatu kepastian bisa menghilangkan identifikasi malware tersebut namun ini hanya sekedar usaha mengikuti petunjuk yang saya lihat dihalaman google sendiri, teman-teman bisa mempelajarinya disini My site's been hacked
Ngomong-ngomong tentang malware itu juga ternyata saya baru tahu setelah membacanya di halaman wiki yang saya kutip seperti berikut ini:
Perangkat perusak (bahasa Inggris: malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah 'virus computer' terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus).

Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacing komputer, kuda Troya (Trojan horse), kebanyakan kit-akar (rootkit), perangkat pengintai (spyware), perangkat iklan (adware) yang tak jujur, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan. Menurut undang-undang, perangkat perusak terkadang dikenali sebagai ‘pencemar komputer’; hal ini tertera dalam kode undang-undang di beberapa negara bagian Amerika Serikat, termasuk California dan West Virginia.

Perangkat perusak tidak sama dengan perangkat lunak cacat (defective software), yaitu, perangkat lunak yang mempunyai tujuan sah tetapi berisi kutu (bug) yang berbahaya.

Hasil penelitian awal dari Symantec yang diterbitkan pada tahun 2008 menyatakan bahwa "kelajuan peluncuran kode yang berbahaya dan perangkat lunak lainnya yang tidak diinginkan, mungkin akan melebihi aplikasi perangkat lunak yang sah." Menurut F-Secure, "Jumlah perangkat perusak yang dibuat pada tahun 2007 sama dengan pembuatan dalam 20 tahun sekaligus." Jalur pembobolan perangkat perusak yang paling umum digunakan oleh penjahat kepada pengguna adalah melalui internet, pos-el dan Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web).

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang malware atau perangkat perusak tersebut bisa membaca di halaman ini malware atau perangkat perusak dan disini juga bagi yang ingin belajar Tips for Cleaning & Securing Your Website
 
© Copyright Blognya Noval Mbojo - Imnoval.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Catatan Mahasiswa Drop Out | Published by Premium Wordpress Themes
Malware atau attack site kena blogku - Blognya Noval Mbojo - Imnoval.com