Phising Bisa Kena siapa saja

Masalah Phising sebenarnya bukan masalah yang baru karena phising ini sendiri sudah ada pada 1987 (tercatat dihalaman wiki). Phising sendiri seperti yang tertera dan tertulis di wikipedia versi bahasa indonesia adalah
Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti pos-el atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.
Salinan halaman log-masuk Yahoo! di situs web Geocities

Dengan banyaknya kasus pengelabuan yang dilaporkan, metode tambahan atau perlindungan sangat dibutuhkan. Upaya-upaya itu termasuk pembuatan undang-undang, pelatihan pengguna, dan langkah-langkah teknis.


Setelah melihat arti dari wiki di atas saya yakin bahwa teman-teman sudah sering mendapatkan penipuan dan terutama lewat email apalagi, jika anda adalah seorang pelaku bisnis online maka tanda-tanda dan cara mengetahui bahwa itu adalah suatu penipuan harus anda kenalin jangan sampai hasil bisnis anda di makan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. Dan hal ini yang dialami oleh saya beberapa hari yang lalu dan sekedar sharing aja biar semuanya ga jadi korban, saya mendapatkan email dari pihak paypal gadungan dan ketika mendapat email itu saya sudah tahu karena ini jelas benar-benar bohong atau hanya sekedar ingin menipu saya, pendapat ini karena udah jelas bahwa email saya ini (yang mereka kirim informasi) bukan email yang saya masukkan ke account paypal saya, dan tidak pernah saya daftarin di paypal juga, apalagi di tambah dengan hal-hal aneh yang diutarakan dalam surat tersebut yang isinya seperti ini kurang lebihnya:
Perhatian! PayPal account Anda telah terbatas!

Sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan kami, kami secara teratur di layar aktivitas PayPal system. kami dihubungi baru-baru ini setelah terdapat masalah pada account. kami meminta informasi dari Anda karena alasan berikut:

Sistem kami mendeteksi unusual tagihan kartu kredit Anda terhubung ke account PayPal.
Nomor Referensi: PP-259-187-991
Terakhir ini adalah pengingat untuk login ke PayPal secepatnya. Setelah Anda login, Anda akan diberikan dengan langkah-langkah untuk mengembalikan akses account Anda.

Setelah Anda login, Anda akan diberikan dengan langkah-langkah untuk mengembalikan akses account Anda. Kami menghargai Anda karena kami bekerja untuk memastikan keselamatan rekening. Click here to activate your account


Nah itu lah bunyi emailnya, karena sudah jelas mereka ini hanya mengarang dan mengirim email dengan model acak jadi ketahuan benar kalau ini hanya sebuah model phising, lebih-lebih karena saya tidak punya kartu kredit (wong KTP aja baru bikin kemarin), kemudian URL pada Click here to activate your account itu bukan mengarah pada URL paypal tapi mengarah pada URL lain.

Namun bagaimana kalau hal ini terjadi pada anda yang kebetulan email yang mereka kirimin adalah email yang kebetulan merupakan email account paypal anda, kemudian anda mempunyai kartu kredit, nah tentu saja ini akan membuat anda gelisah, panik dan tanpa sengaja anda akan segera mengklik Click here to activate your account dan tanpa anda sadari bahwa perampok sudah berada di dekat anda. dan untuk itu selalu ingat lah hal-hal berikut ini:
1. jangan panik dulu periksa dengan teliti setiap perkataan dan kejanggalan dari email pengirim apabila anda menemukan hal-hal yang di luar kebiasaan. (misal kebiasaan paypal selalu menyebutkan nama kita lebih jelas lihat gambar.)
2. Jangan sekali-kali mengklik langsung URL yang tertera di lampiran email tersebut akan lebih baik kalau langsung ke alamat yang di tuju.
3. Ingat email yang datang dari bank online seperti paypal jarang sekali masuk SPAM

Dan untuk lebih jelas silahkan lihat perbedaan gambar paypal palsu dan asli berikut ini dan semoga kita semua terhindar dari bahaya phising/penipuan:

paypal gadungan


paypal asli

 
© Copyright Blognya Noval Mbojo - Imnoval.com 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Catatan Mahasiswa Drop Out | Published by Premium Wordpress Themes
Phising Bisa Kena siapa saja - Blognya Noval Mbojo - Imnoval.com